Saturday, December 22, 2012

Mengganti Wajah Menggunakan Photoshop


 
Gambar diatas adalah contoh jadi dari apa yang akan kita pelajari dari tutorial. Tertarik? J Yuk simak tutorial berikut :D
Pertama-tama kita siapkan dua buah foto, foto yang asli yang akan diambil objek badannya dan satu foto lagi yang akan diambil wajahnya untuk ditempel di foto 1.


Disini saya ambil fotonya Angel, itu lho salah satu personil Cherybelle. :D J kemudian foto yang akan saya ambil wajahnya ini foto salah satu teman saya di facebook. Sebelumnya saya udah ijin lho sama empunya foto..hehe.

 
Pertama-tama yang akan kita lakukan yaitu kita buka kedua foto yang akan kita edit tersebut.

 
Berikutnya kita pilih Move Tool (V). Selanjutnya tekan dan tahan pada foto yang akan dijadikan wajah kemudian seret foto tersebut ke foto yang akan dijadikan badannya.



Maka tampilannya akan seperti ini



Masih pada Move Tool (V) lihat menu dibawah menu bar kemudian centang pada kotak dialog Show transform controls untuk menampilkan ruler pada foto layer 1 atau foto yang akan kita jadikan wajah sehingga kita bisa mengatur mau di perbesar, diputar, ataupun diperkecil. Oya,foto badan itu adalah yang menjadi Backgroundnya..hehe.
Oke selanjutnya berhubung kedua foto yang saya gunakan diatas angle-nya tidak sama,maka saya harus membalikkan foto wajah tersebut,mungkin teman2 jg punya masalah yang sama..hehe. Penting sekali kita perhatikan posisi layernya,pastikan kita sedang bekerja di layer satu (dalam hal ini adalah foto yang akan menjadi wajah). Kemudian ke menu bar, pilih Edit > Transform > Flip horizontal. Untuk menu2 lain seperti again, scale, rotate, skew, distort, perspective, dan warp silahkan dicoba2 sendiri sesuai kebutuhan yang sama, semua fungsinya hampir sama..hehe.
Oke maka jadinya adalah sperti ini



Masih pada menu Edit > Transform tadi, pilih Scale untuk mengatur besar kecilnya gambar, dan Rotate untuk memutar gambar kepada posisi yang diinginkan. Setelah merasa cukup dan sesuai dengan keinginan, cari tanda centang di kanan atas kemudian klik, itu tandanya kita sudah selesai mengatur gambar. Oya tips dari saya, supaya posisi wajah yang akan kita tempel sudah pas apa belum dengan wajah asli dari foto background, kurangi Opacity layer 1. Lihat gambar dibawah ini.



Dengan mengurangi opacity layer satu maka layer akan menjadi transparan,dan kita bisa melihat foto yang ada dibelakangkannya..hehe. dengan begitu kita dapat men-selaraskan letak mata hidung dan bagian lainnya sehingga nanti hasilnya menjadi proporsional. :D. Inget setelah selesai mengatur, klik tanda Centang..
Oke berikutnya kita pilih Eraser Tool (E). Klik kanan pada gambar, kemudian pilih eraser yang soft (hardnessnya dijadikan 0%) sedangkan ukuran eraser (Size) bisa diatur menurut kebutuhan.


Kemudian mulai penghapusan layer satu, sisakan hanya pada bagian wajahnya. Gunakan Zoom Tool (Z) untuk memperbesar gambar agar memudahkan pengerjaan, perkecil lagi dengan mengklik sambil menekan tombol alt. kalau sudah, kembali lagi pilih Eraser Tool untuk meneruskan penghapusan.


Selanjutnya, agar penghapusan lebih mendetail, kembalikan opacity layer 1 menjadi 100% lagi kemudian teruskan penghapusan, sehingga jadinya kurang lebih seperti ini



Nah, udah hampir jadi, sekarang tinggal menselaraskan warna, supaya warna wajah dan badannya seragam :D
Pilih, Image > Adjustment > Hue /Saturation atau tekan ctrl + U untuk membuka jendela pengaturannya.


Atur warna yang dengan mengeser-geser ketiga bar yaitu Hue, Saturation dan Lightness. Atur sesuai warna yang di perlukan agar keliatan menyatu dengan warna backgroundnya.
Selain Hue/Saturation, anda juga bisa menggunakan menu adjustments lainnya untuk proses men-selaraskan warna ini. Contohnya anda bisa menggunakan Channel Mixer, Selective Colors dsb. Silahkan berkreasi sendiri. Oya,untuk bisa melihat perubahannya langsung perubahannya, centang pada kolom preview pada jendela pengaturan tersebut (Lihat gambar diatas). Hehe..
Oke, Penyelarasan warna tadi adalah sentuhan terakhir, jadi kalau sudah, berarti kita sudah selesai.